Pemerintahan

Ahmad Hadian: Selamatkan Species Ikan di Danau Toba Dari Kanibal Ikan Setan Merah

×

Ahmad Hadian: Selamatkan Species Ikan di Danau Toba Dari Kanibal Ikan Setan Merah

Sebarkan artikel ini
Sekretaris FPKS DPRD SU Ahmad Hadian

Medan, Pelitaharian.id – Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemerintah kabupaten (Pemkab) sekitar Danau Toba harus segera melakukan solusi efektif menyelematkan ikan species ikan lainnya yang ada di perairan Danau Toba dari ikan ‘kanibal’ Setan Merah saat ini meresahkan para nelayan perairan Danau Toba.

Hal ini diingatkan Sekretaris Komisi B DPRD Sumut membidangi perikanan Ahmad Hadian kepada wartawan, Sabtu (16/4/2022) di Medan, tekait ancaman Ikan Setan Merah kian marak di peraian Danau Toba.

Alumni taruna perikanan ini menyebutkan, populasi Ikan Setan Merah (Cichlasoma Labiatum) di perairan Danau Toba meningkat, semantara species ini merupakan ikan yang sifatnya invasif dan kanibal terhadap species ikan lainnya. Kondisi ini telah mengancam populasi ikan endemik Danau Toba yaitu Ikan Nila, Mujair dan Ikan Mas, sehingga membuat nelayan di kawasan itu resah karena terancam mata pencahariannya.

“Kita minta Pemprovsu melalui OPD terkait cepat tanggap terhadap situasi ini dan segara ambil tindakan-tindakan realistis menolong nelayan Danau Toba. Gubsu harus segera berkoordinasi dengan para bupati yang wilayahnya bersentuhan dengan perairan Danau Toba dan Balai Penelitian Perikanan Air Tawar untuk mencari solusi yang tepat,” ujarnya.

Menurut politisi PKS ini, biasanya alternatif solusi paling aman dengan cara melakukan penangkapan secara masiv terhadap ikan kanibal ini. Mungkin bisa dibuat semacam program khusus secara marathon.  “Agar program penangkapan ikan kanibal ini berlangsung secara berkelanjutan hingga keberadaannya benar-benar hilang, harus ada kegiatan lanjutan terprogram berupa usaha pasca panen,” sarannya. 

Hasil tangkapan ikan setan merah ini, kata anggota dewan dari dapil Asahan, Batubara dan Tanjungbalai ini, bisa dimanfaatkan menjadi bahan olahan yang bernilai ekonomis. Di beberapa tempat di Jawa dengan kasus serupa, ikan ini bisa dibuat ikan asin, keripik, abon atau tepung ikan untuk bahan campuran pakan ternak. Secara bersamaan dengan program penangkapan, tambahnya lagi, harus juga dilakukan restocking / penanaman kembali secara masal ikan nila atau ikan mas di Danau Toba ukuran diatas 5 cm agar tidak mampu dikanibal ikan setan merah, sehingga diharapkan secara bertahap populasi Ikan Setan Merah akan terkalahkan.(CutRiri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *