Pendidikan

Bakal Calon DPD RI Darwis H Harahap Kembali Gelar Pelatihan Gratis

×

Bakal Calon DPD RI Darwis H Harahap Kembali Gelar Pelatihan Gratis

Sebarkan artikel ini
Foto: Darwis H Harahap SP kembali melaksanakan Pelatihan Barista Gratis, kepada Warga Karang Taruna Sejahtera Taman Indah Desa Bangun Sari , Rabu (20/09/2023). (pelitaharian.id/Zultaufik Nst).

Deli Serdang, pelitaharian.id – Mengambil lokasi di Taman Anggur Gg Madirsan, Karang Taruna sejahtera Taman Indah, Desa Bangun Sari Darwis H Harahap SP kembali melaksanakan Pelatihan Barista Gratis, kepada Warga Karang Taruna, Rabu (20/09/2023)

Dari pelatihan ini Darwis yang juga Bacalon DPD utusan Sumatera Utara ini berharap agar apa yang didapat dari pelatihan ini dapat meningkatkan minat para warga karang Taruna untuk menjadi pengusaha khusus nya usaha Kopi.

Sebelum melakukan praktek para peserta pelatihan diberikan pengetahuan tentang kopi, Darwis menjelaskan Ada tiga macam jenis kopi yaitu Arabica, Robusta dan Liberika ketiga jenis kopi banyak dibudidayakan di Indonesia dan juga di Dunia

Untuk kopi arabika awalnya berasal dari dataran tinggi Ethiopia, Afrika. Selanjutnya, kopi jenis ini dikembangkan oleh bangsa Arab di Yaman. Bangsa Eropa membawa kopi Arabika ke Jawa dan Brasil pada abad ke-17, untuk dikembangkan.

Kopi Arabika memiliki biji picak, daun berombak, dan warnanya hijau tua. Kopi ini tumbuh subur di pegunungan dengan ketinggian antara 1.000 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut.

Salah satu kopi populer di Indonesia adalah robusta (canephora). Kopi ini memiliki warna yang kuat dan lebih kental ketika dibuat kopi.
Kopi robusta bisa tumbuh hingga 12 meter, daunnya lebih lebar, dan pangkalnya berbentuk tumpul. Biji robusta berbentuk agak bulat, melengkung, dan lebih tebal jika dibandingkan kopi arabika.

Selanjutnya Kopi Liberika atau Exelsa
Kopi ini berasal dari Afrika dan mulai masuk ke Indonesia pada 1965. Biji kopi liberika berbentuk seperti biji buah kurma, agak lonjong dan berukuran lebih besar.

Sekarang ini kata Darwis,kopi menjadi minuman kekinian yang banyak dijual di kafe, resto, hingga outlet makanan. Kopi menjadi minuman yang digemari dari segala usia.

Minum kopi menjadi sarana interaksi anak muda ketika nongkrong di kafe. Selain itu kopi juga biasa diminum ketika mengerjakan tugas atau saat bekerja.

Pada kesempatan itu Darwis juga menjelaskan, bahwa Pelatihan Barista Gratis ini sudah lama dilaksanakannya jadi jangan orang mengira kita melakukan pelatihan ini hanya saat kita mau ikut kontestasi Pemilu 2024 saja.

“Sudah sejak tahun 2015 lalu saya melaksanakan pelatihan Barista ini baik yang berbayar sampai yang gratis seperti saat ini, dan materi dan metode pelatihanpun tidak saya beda bedakan, semua tetap sama seperti yang kita dapatkan saat ini” Tegasnya.

Dari pelatihan ini Darwis mengharapkan akan lahir enterpreneur muda yang bisa memiliki usaha sendiri, karena dari pelatihan sebelumnya mereka telah berhasil membuka usaha sendiri yang saat ini menyebar di Indonesia bahkan ada yang berhasil berusaha di luar negeri.

Di ujung pelatihan Darwis melakukan praktek membuat kopi, beberapa jenis rasa kopi di buat antara lain V60, latte, espresso dan jenis rasa lainnya.

Di modul praktek ini para peserta terlihat sangat antusias dan berkali kali mengulangi cara membuat kopinya sehingga mencapai rasa yang sempurna.

Ketua Karang Taruna sejahtera Taman Indah (Sejati) Desa Bangun Sari Koko Wibowo mengucapkan terimakasih kasih karena anggotanya diberikan kesempatan mengikuti Pelatihan Barista secara gratis

“Kami merasa beruntung diberikan kesempatan mengikuti pelatihan Barista dan mengucapkan Terima kepada Bang Darwis yang telah melaksanakan pelatihan secara gratis” Ujarnya.

Dijelaskannya, pelatihan ini memberikan pengetahuan dan motivasi untuk membuka usaha, mudah mudahan ilmu didapat nantinya akan berguna dan meningkatkan pendapatan dan perekonomian pribadi mereka.

“Kepada, bang Bang Darwis yang akan maju dalam kontestasi Pemilu 2024 nanti, kami berjanji akan medoakan dan mendukung dengan memberikan suara kami di bilik TPS dan kami harap bang Darwis lolos ke Senayan” Tegasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *