HeadlinePemerintahan

Jadi Tangan Kanan Pemko Medan, FKUB Medan Berdayakan Umat Beragama Ciptakan Kerukunan

×

Jadi Tangan Kanan Pemko Medan, FKUB Medan Berdayakan Umat Beragama Ciptakan Kerukunan

Sebarkan artikel ini
Keterangan foto: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat saat bacakan sambutan tertulis Wali Kota medan, Jumat (25/8/2023). (Foto: ist).

Medan, pelitaharian.id – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan menjadi tangan kanan Pemerintah Kota Medan untuk memfasilitasi, membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama agar terciptanya hidup yang rukun.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Sofyan pada Diskusi “Merawat Kerukunan dengan Majelis-Majelis Agama” yang dilaksanakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan, Jumat (25/8) petang.

“FKUB bersama dengan Pemerintah Kota Medan memiliki amanah untuk memperkuat toleransi pada 2,4 juta penduduk Kota Medan saat ini. Sebab tugas ini bukan hanya menjadi urusan pemerintah pusat tetapi tugas kita bersama,” sebut Wali Kota pada kegiatan yang berlangsung di depan sekretariat baru FKUB Medan di Jalan Puri Ramlan Yatim Kecamatan Medan Kota itu.

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua FKUB Sumut H Abdul Rahim, Ketua FKUB Medan M. Yasir Tanjung, Ketua MUI Medan, Dr. H. Hasan Matsum, dan seluruh tokoh lintas agama itu, Bobby Nasution menyebutkan, peran tokoh agama sangat diharapkan untuk menghadirkan toleransi dan kerukunan.

“Kami sangat berharap kepada para tokoh agama untuk meningkatkan penerapan ajaran agama kepada seluruh umat, sehingga dapat tercipta ekosistem umat beragama yang menjunjung tinggi adab dan keteladanan dalam perbedaan,” ujarnya.

Perbedaan itu, sebut Wali Koa, kunci untuk mempersatukan semua pihak di Kota Medan. Ibaratkan sebuah sandal kanan dengan sandal kiri. Kedua sandal ini berbeda, namun kalau digunakan secara bersamaan akan tercipta keselarasan dan kenyaman untuk membantu kita dalam melangkah.

“Begitu halnya dengan perbedaan. Tidak mungkin dapat kita paksakan bahwa orang lain harus mengikuti kebiasaan kita. Melengkapi dan saling mendukung itu menjadi kunci dari perbedaan untuk mewujudkan persatuan di antara kita,” tandasnya.
Sebelumnya, Ketua FKUB Medan M. Yasir Tanjung mengungkapkan visi dan misi FKUB sama dengan Wali Kota Medan. Pihaknya juga mempunyai visi dan misi mewujudkan Medan Berkah, Maju dan Kondusif.

Yasir juga mengungkapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan yang mendukung FKUB dalam menjalankan berbagai kegiatan merawat kerukunan di Medan.

“Doakan kami agar bisa terus eksis merawat kerukunan beragama di Medan,” sebutnya.

Selain diskusi, kegiatan hari itu ditandai dengan pembukaan selubung plang nama di kantor baru FKUB Medan ini oleh Muhammad Sofyan. Setelah itu dilakukan penyerahan hadiah kepada para juara lomba olahraga kerukunan, yakni futsal, catur, dan tenis meja.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *