PemerintahanPendidikan

Pacu Program Dairi Gerak Cepat, Layanan Jempol Adminduk Kembali Kunjungi Desa Parbuluan I

×

Pacu Program Dairi Gerak Cepat, Layanan Jempol Adminduk Kembali Kunjungi Desa Parbuluan I

Sebarkan artikel ini
Keterangan foto : Kadis dukcapil kabupaten Dairi Dedy Sitomorang (paling kiri) saay menyerahkann KIA ke anak siswa SD di kecamatan Parnbuluan, Senin (28/8/2023).(foto : Sondang Silalahi).

Dairi, pelitaharian.id – Layanan Jemput Bola (Jempol) dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi kembali kunjungi Desa Parbuluan I Kecamatan Parbuluan.

Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh layanan pengurusan dokumen kependudukan secara lengkap seperti rekam dan cetak KTP-el, penerbitan Kartu Keluarga (KK) perubahan maupun baru, SKPWNI, Kartu Identitas Anak (KIA), akta lahir, akta perkawinan dan akta kematian. Seluruh dokumen yang diajukan masyarakat akan terbit dan diselesaikan pada hari ini itu.

Demikian keterangan Kadis Dukcapil Dairi Dr. Deddy Situmorang, SE, M.Si yang ditemui disela-sela pelayanannya bersama Tim Jempol Dukcapil Dairi di Balai Desa Parbuluan I, Senin (28/08/2023).

“Hari ini kami hadir di Desa Parbuluan I untuk memenuhi permohonan Kepala Desa yang meminta untuk dilaksanakan pelayanan jempol karena masih banyaknya warganya belum tuntas dokumen adminduknya. Diharapkan melalui pelayanan ini, kebutuhan adminduk warga dapat terpenuhi dan terselesaikan”, tutur Kadis.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai bagian program prioritas Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam mewujudkan Dairi Unggul dengan target tuntas adminduk sampai dengan Tahun 2024.

“Berbagai terobosan dan strategi kami lakukan dalam mencapai target yang ditetapkan pada Dinas Dukcapil, salah satunya pelayanan jemput bola adminduk ke desa-desa. Kegiatan ini menjadi agenda utama Dinas Dukcapil dalam menyelesaikan dokumen adminduk ditengah-tengah warga agar layanan dapat langsung dirasakan secara maksimal”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Parbuluan I Parihotan Sinaga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dinas Dukcapil Dairi ke desanya dalam menyelesaikan seluruh dokumen warganya, dimana selama ini menjadi salah satu permasalahan yang sering timbul di Desanya.

“Kegiatan hari ini sebagai tindaklanjut permintaan warga yang disampaikan dalam reses Anggota DPRD Dairi yang berkunjung beberapa waktu yang lalu. Banyak permohonan warga agar dilaksanakan pelayanan jemput bola dokumen kependudukan”, kata Kades Parbuluan I.

Parihotan Sinaga juga mengapresiasi kecepatan Dinas Dukcapil dalam memproses dan menerbitkan dokumen adminduk warganya yang diajukan dalam jumlah cukup banyak.

“Pelayanan hari ini adalah pelayanan yang benar-benar sangat bermanfaat dan berdampak bagi warga. Tidak perlu lagi repot warga datang ke Dinas Dukcapil Dairi yang berada di Sidikalang atau ke Kantor Camat Parbuluan, akan tetapi pemerintah langsung hadir memberikan pelayanannya. Sungguh-sungguh pelayanan prima”, ungkap dengan senyum sambil melayani warganya.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan secara simbolis dokumen adminduk kepada warga. Kartu Keluarga kepada Pagihutan Nadeak, KTP-el kepada Blasius Erikson Sinaga, KIA kepada Kristian Argana Sihombing dan Jeremi Natan Manik, akta perkawinan kepada pasangan suami isteri Hisar Sinaga dengan Marta Siregar, akta kelahiran kepada Aditya Patrik Sagala dan akta kematian kepada Antoni Sinaga.

Hasil dalam kegiatan jempol di Desa Parbuluan I, 104 lembar Kartu Keluarga (KK), 10 orang rekam KTP-el, 83 keping cetak KTP-sel , 165 rekam dan cetak KIA, 170 akta lahir, 17 akta kawin, 4 akta kematian dan 6 SKPWNI.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *