PemerintahanWakil Rakyat

Wong Chun Sen Hadiri Meiden Call MV Wan Hai 323 di Pelabuhan Belawan 

×

Wong Chun Sen <strong>Hadiri Meiden Call MV Wan Hai 323 di Pelabuhan Belawan </strong>

Sebarkan artikel ini

Medan, Pelitaharian.idAnggota DPRD Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan M.Pd.B menghadiri peluncuran MV Wan Hai 323 berkapasitas 3.000 TEUS, dan merupakan kapal pertama yang melakukan pelayaran langsung (maiden call) dari China, Taiwan, Jepang, dan Korea menuju Pelabuhan Belawan pada awal tahun 2023.

Menurut Wong, kedatangan kapal berbendera Singapura ini akan mendongkrak perekonomian Sumatera Utara (Sumut). 

“Rencananya setelah pertemuan ini, kalap akan berangkat dari Pelabuhan Belawan membawa sekitar 1000 TEUS atau sekira 19.500 ton, untuk kegiatan impor maupun ekspor ke berbagai negara tujuan,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/2023) pagi.

Kegiatan ini, sambung Wong, akan menambah PAD Kota Medan maupun Provinsi Sumatera Utara dari sektor ekspor impor. 

“Dan pastinya, dengan peluncuran kapal baru yang membawa ratusan bahkan ribuan peti kemas ini, menambah pergerakan perekonomian di wilayah Medan Utara, sebagaimana yang diharapkan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution,” jelasnya. 

Sebelumnya, Plt Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Belawan, Captain Bharto Arie Raharjo, menyebutkan MV Wan Hai 323 melakukan pelayaran langsung dari Pelabuhan Belawan menuju Korea, Jepang, Taiwan dan China pada Senin (2/1/2023) persis di awal Tahun Baru 2023 sekira pukul 23.00 WIB dan sandar di Terminal Peti Kemas PTP Belawan yang membawa 12.000 ton berbagai produk.

“Sedangkan untuk ekspornya, MV Wan Hai 323 akan membawa 7500 ton berbagai produk unggulan ekspor dari Sumatera Utara ke negara-negara tujuan tersebut,” tutur Captain Bharto Arie Raharjo.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir President Indonesian Maritime Pilot’s Association (INAMPA) Parsaoran Herman Harianja, Kadishub Provsu, Dirpolairut, Danlantamal Belawan dan sejumlah pimpinan instansi lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *