Scroll untuk baca artikel
PemerintahanWakil Rakyat

Wong Chun Sen Imbau Warga Tetap Waspada Terhadap Bencana Alam 

0
×

Wong Chun Sen Imbau Warga Tetap Waspada Terhadap Bencana Alam 

Sebarkan artikel ini

Medan, pelitaharian.id – Anggota DPRD Kota Medan, Wong Chun Sen Tarigan melaksanakan Sosialisasi Perda Kota Medan, Nomor. 2 Tahun 2018 tentang penanganan bencana alam yang berlangsung di Jalan Madio Santoso (Mados) Ujung, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumatera Utara, Minggu (06/11/22) sore. 

Kegiatan yang dihadiri ratusan orang, dimana didominasi para ibu-ibu serta dihadiri Perwakilan BPBD Kota Medan, M Yamin dan Kepling XIV, Ilyas yang mewakili Kelurahan PBD I sekaligus pihak Kecamatan Medan Timur. 

Dalam sambutannya, M Yamin menyampaikan apresiasinya kepada Wong Chun Sen Tarigan yang melaksanakan Sosper No.2 Tahun 2018 tentang penanganan Bencana Alam.

“Terimakasih atas dukungan pelaksanaan Sosper sehingga memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat dimana penanganan bencana ada dua yakni bencana alam dan non alam,” ujarnya. 

Ia pun mengatakan untuk bencana alam ada tiga tahapan dimana sekarang ini tahapan Pra Bencana dimana sosialisasi yang dilakukan. Tentunya kita tidak menginginkan adanya terjadi bencana namun untuk pencegahan bisa dilakukan terutama menjaga ekosistem lingkungan disekitarnya. 

Selanjutnya darurat bencana, dalam hal ini dalam upaya evakuasi dilakukan dengan prioritas utama yakni, Balita, Lansia, Ibu hamil/menyusui dan orang cacat. 

Dan pasca bencana dengan memberikan pembinaan agar tidak trauma dan penanganan medis serta bantuan pangan yang dalam pihak BPBD berkoordinasi dengan instansi lainnya. 

Sedangkan Non bencana alam, seperti pada Pandemi Covid19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, pihak BPBD melakukan monitoring dan upaya pencegahan serta penanganan. 

Senada dengan itu, Wong yang merupakan Anggota Sekretaris Komisi II DPRD Medan, bahwa DPRD Medan dalam penganggaran selalu mengedepankan untuk penanganan bencana baik bencana alam maupun bencana Non alam. 

“Jadi kalau dibilang tidak ada dana untuk itu, sama sekali tidak benar. Bahwa dana itu ada,” ucap Wong lagi. 

Bahkan lanjut legislator dari PDI Perjuangan ini menegaskan tidak hanya menganggarkan anggaran para legislatif turut juga memberikan pencerahan kepada masyarakat khususnya pada saat Covid19, dimana diantaranya membagikan Hand Sanitizer kepada masyarakat serta mengajak warga untuk menerapkan Prokes yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta melaksanakan vaksinasi Covid19. 

Ditegaskan ia pun mengimbau warga menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banjir, serta upaya penanganan membersihkan dan pengorekan parit oleh Dinas PU Kota Medan agar tidak lagi kebanjiran terlebih pada saat hujan. 

Dalam Sosper ia pun mengatakan agar tetap waspada, karena bencana itu tidak tahu kapan terjadinya.

Penulis: Aris
Editor: Cut Riri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *