PemerintahanWakil Rakyat

Wong Chun Sen Resmikan Pondok Pintar dan Gerobak Baca di Tembung

×

Wong Chun Sen Resmikan Pondok Pintar dan Gerobak Baca di Tembung

Sebarkan artikel ini

Medan, pelitaharian.id – Anggota DPRD Kota Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan,MPd.B menghadiri acara Launching Gerobak Baca sumbangan dari Rotary Club of Medan Talenta di halaman kantor Camat Medan Tembung, Jalan Kapten M.Jamil Lubis Nomor 107 Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung, Minggu (9/10/22) dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Acara tersebut juga dihadiri Brilian Moktar, ketua Walubi Sumut yang juga penasehat Rotary Talenta, District Governor Rotary International District 3410, Rionardi Charles Wong, Camat Medan Tembung, Fianti Dewi Nasution, ketua Yayasan Maharani, Ketua PMI Kecamatan Medan Tembung, Jaeli Christina, donatur buku dan perwakilan Rotary Talenta D3410, serta pertukaran pelajar Rotary, Adam dari Canada.

Dalam sambutannya, Wong Chun Sen mengatakan proses pelaksanaan Pondok Pintar sebelumnya dilakukan lewat survei dan disepakati lokasinya di kantor Camat Medan Tembung tepat di sebelah kantin. Ini untuk mempermudah akses informasi. 

“Kita berharap, keberadaan Pondok Pintar dan Gerobak Baca ini, dapat memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya di kecamatan Medan Tembung. Disekitar ini ada banyak sekolah sehingga pelajar dapat datang ke Pondok Pintar di kecamatan Medan Tembung, untuk membaca buku,”katanya.

Dikatakan Ketua Taruna Putih (TMP) Kota Medan ini, banyak membaca akan menstimulasi otak dan dapat mengurangi 67 persen stress. Membaca juga sangat bermanfaat bagi anak-anak dan orangtua. Membaca juga banyak menambah kosa kata dan wawasan, serta meningkatkan memori otak.

“Jarang membaca buat otak cepat pikun. Namun membaca membantu otak untuk menganalisa dan berpikir. Selain itu dapat memfokuskan diri. Ini sangat bermanfaat. Karena juga dapat meningkatkan hubungan sosial dengan masyarakat lain,” ujarnya.

Harapan Wong, pondok pintar dapat berguna dan kepada camat Medan Tembung mampu merawat pondok pintar terutama gerobak Baca sehingga dapat tetap bermanfaat bagi para anak didik,” katanya.

Sementara Camat Medan Tembung, Vianti Dewi Nasution mengaku sangat senang, kantor Camat Medan Tembung dipilih sebagai tempat Pondok Pintar dan Gerobak Baca oleh Rotary Talenta. Dia juga mengatakan akan menjaga dan merawat Pondok Pintar dan Gerobak Baca agar bermanfaat bagi warga di Kecamatan Medan Tembung. 

“Kiranya, keberadaan gerobak Baca dan pondok pintar dapat menarik minat anak-anak di daerah ini. Karena dengan rajin membaca buku akan, cakrawala akan terbuka dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Saya berterimakasih bagi pak Wong Chun Sen Tarigan, pak Brilian Moktar, dan District Governor Rotary International District 3410, Rionardi Charles Wong beserta tim,” ujarnya.

Sementara itu, Rionardi Charles Wong pada kata sambutannya mengaku sangat senang dapat membantu warga terutama dalam hal pendidikan. Karena misi Rotary Talenta lebih menitikberatkan pada masalah kesehatan, dan pendidikan. ” Kami harapkan bantuan pondok pintar dan Gerobak Baca dapat bermanfaat bagi warga sekitar, ” sebutnya.

Brilian Moktar sebagai penasehat Rotary Talenta dalam sambutannya berharap keberadaan Rotary Talenta selain membantu membuat Pondok Pintar dan Gerobak Baca juga dapat fokus dalam penanganan permasalahan Stunting yang sedang banyak di Sumatera Utara. 

“Di kota Medan saat ini ada 4 Kecamatan yang ada permasalahan Stunting yakni 

140 Medan labuhan, Belawan 40, Marelan 80 dan Medan Deli sekitar 20 an. Ini sesuai laporan dari Bapak Djarot Anggota DPR RI yang kami terima,” kata Brilian Moktar.

Ketua Taruna Merah Putih Provinsi Sumatera Utara ini pun meminta dukungan dari para pengurus dari Rotary Talenta untuk dapat membantu permasalahan Stunting di Sumatera Utara dengan bekerjasama dengan seluruh toko Apotik, petugas kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan produsen susu serta produsen obat-obatan agar mau membantu meringankan permasalahan stunting di Indonesia khususnya di kota Medan, Sumatera Utara.

Usai masing-masing memberikan kata sambutan, pihak panitia selanjutnya mengundang para tamu undangan untuk menggunting pita sekaligus meresmikan Pondok Pintar dan Gerobak Baca Bantuan dari Rotary Club Of Medan Talenta.

Penulis: Aris
Editor: Cut Riri


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *