Wakil Rakyat

Wong Chun Sen Ucapkan Selamat di HUT PGRI dan HGN

×

Wong Chun Sen Ucapkan Selamat di HUT PGRI dan HGN

Sebarkan artikel ini
Wong Chun Sen. (pelitaharian.id/istimewa)

MEDAN, pelitaharian.id Guru merupakan tenaga profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, menilai, melatih dan mengevaluasi para peserta didik untuk jalur pendidikan formal pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah. Tanggungjawab guru sangatlah besar sebab, guru juga berperan penting untuk menjadikan calon penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlak budi pekerti yang baik sehingga kedepan akan terus lahir generasi penerus bangsa.

Demikian diutarakan oleh Sekretaris Komisi 2 DPRD Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B kepada awak media dalam rangka memperingati HUT PGRI dan HGN yang jatuh pada tanggal 25 November setiap tahun, Jumat (24/11).

Ketua Permabudhi Sumut ini, juga berharap pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan guru termasuk guru honor dan guru swasta dengan menambah insentif dan tunjangan profesi guru sesuai keahlian masing masing, sehingga taraf ekonomi guru dapat semakin meningkat.

“Ketika guru sejahtera, maka profesionalitas guru dapat lebih ditingkatkan, sebab salah satu penentu nasib masa depan generasi bangsa adalah guru. Tanpa peran dari guru tidak akan ada lahir pemimpin bangsa yang bijak dan pintar dari semua bidang profesi,”ujar Wong yang juga wakil ketua KNPI Sumut.

Melihat kemajuan zaman saat ini, Wong menambahkan selain harus dituntut lebih berkualitas dan bermutu, harus mampu menjadi inovator yang cerdas.

Pemerintah baik dari pusat hingga pemerintah daerah diharapkan juga dapat lebih memprioritaskan kesejahteraan para guru, begitupun sebaliknya, para guru juga harus berdedikasi tinggi dan mampu bekerja untuk memberikan pengajaran kepada peserta didik yang lebih bertanggung jawab.

“Guru diminta jangan menjadikan profesinya sebagai bisnis karena seyogyanya guru itu bekerja “tanpa pamrih”, meskipun pada kenyataannya guru itu juga manusia biasa yang membutuhkan kesejahteraan hidup dirinya dan keluarganya,”sebut anggota DPRD Kota Medan dari Dapil 3 ini.

Untuk itu, dihari ulang tahun PGRI dan HGN yang ke 78 tahun dimana tema yang diangkat ‘Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”, Wong tidak lupa mengucapkan selamat hari ulang tahun guru yang jatuh setiap tanggal 25 November 2023

“Untuk itu bagaimana kita memaknai tema hari guru tahun ini, sehingga mutu atau kualitas guru benar-benar dapat dirasakan dalam pendidikan kita yang sedang mengalami perubahan. Guru juga dituntut memiliki kemampuan melakukan rekayasa pendidikan untuk mengendalikan pembelajaran dalam mencapai tujuan,”tambah ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini.

Dalam bertugas, sambung Wong lagi seperti harapan banyak pihak,  guru harus memiliki kemampuan soft profession yaitu memiliki kadar seni dalam menjalankan tugas profesi mendidik sehingga kegembiraan dan kebahagiaan mengajar menjadi budaya dalam tugasnya.

“Selamat hari ulang tahun guru yang ke 78 tahun, semoga seluruh guru di Indonesia  dapat hidup sejahtera dan mengabdi demi untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia,”tutup Wong.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *