Scroll untuk baca artikel
Lintas Agama

Merajut Tali Silaturahmi, Masyarakat Lingkungan V Denai Gelar Tausiyah Sambut 1 Muharram

311
×

Merajut Tali Silaturahmi, Masyarakat Lingkungan V Denai Gelar Tausiyah Sambut 1 Muharram

Sebarkan artikel ini
Suasana kegiatan Tausiyah Sambut 1 Muharram di Jermal VII Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan, Minggu (07/07/2024). (pelitaharian.id/Aris).

Medan, pelitaharian.id – Masyarakat Lingkungan V Kelurahan Denai menggelar kegiatan tausiyah atau ceramah agama dalam menyambut 1 Muharram 1446 Hijriah, Minggu malam (7/7/2024).

Kegiatan ini dipelopori oleh Kepala Lingkungan V, Sutriono, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan didukung oleh Masyarakat Lingkungan V.

Mualim Selaku MC Saat Membuka acara Tausiyah Sambut 1 Muharram di Jermal VII Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan, Minggu (07/07/2024). (pelitaharian.id/Aris).

Acara yang dibuka oleh MC oleh Al Ustad Mualim Kusnadi, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Sofyan S. PdI dan sebagai penceramah diisi oleh Al Ustadz Muhammad Daud Manurung, S.Pdi.

Dalam ceramahnya dihadapan sejumlah jaamaah dari berbagai usia mulai anak – anak hingga dewasa, Al Ustadz Muhammad Daud Manurung mengajak pada moment tahun Baru Hijriah ini, semua umat muslim dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan selalu di jalan Allah.

Pada wawancaranya, beliau juga menyampaikan bahwa momen 1 Muharram ini dapat dijadikan sebagai salah satu pandangan untuk berhijrah.

Kepala Lingkungan V, Sutriono saat memberikan kata sambutan kepada Jamaah dalam kegiatan Tausiyah Sambut 1 Muharram di Jermal VII Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan, Minggu (07/07/2024). (pelitaharian.id/Aris).

“1 Muharram ini adalah salah satu kunci tombak umat Islam dari perubahan untuk menjadi lebih baik, ketika kisah Muharram ini terjadinya saat ketika Rasulullah hijrah dari kota Mekah ke Madinah untuk menjadi salah satu pandangan untuk kita bahwasanya berhijrah itu penting”, diutarakan Al Ustad Daud Manurung.

Dirinya juga menekankan sebagai manusia harus merubah mindset dalam kehidupan agar meningkatkan ibadah kepada Allah karena hidup hanya sementara.

Lanjutnya, “Dari perubahan yang baik menjadi lebih baik lagi agar supaya umat Islam ini berpikir keras bahwasanya hidup ini hanyalah sementara, kita perlu perubahan kita perlu untuk merubah mindset dalam kehidupan kita agar selalu meningkatkan ibadah kepada Allah”, diungkapnya.

Termasuk memaparkan akan pentingnya 1 Muharram ini sebagai tanda untuk menjadi orang beriman dan lebih semangat dalam beribadah kedepannya.

Ustadz Sofyan S. PdI saat membacakan ayat – ayat suci Al – Qur’an dalam kegiatan Tausiyah Sambut 1 Muharram di Jermal VII Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai Kota Medan, Minggu (07/07/2024). (pelitaharian.id/Aris).

“Acuan Kita Muharam ini salah satu tanda-tanda kita menjadi orang-orang yang beriman karena kesemarakan yang telah kita lakukan begitu pulalah nanti kegiatan kita dalam ibadah ketika kesemarakan ini kita lakukan untuk penyambutan 1 Muharam begitu jugalah nanti semangat kita untuk beribadah di dalam kehidupan kita sehari-hari”, dikatakannya.

Dirinya berharap di Tahun Baru Hijriah semua umat muslim dapat lebih semangat dalam beribadah serta semangat mengejar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari

“Di Tahun Baru Hijriah semua umat muslim dapat lebih semangat dalam beribadah serta semangat mengejar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari”, harapnya.

Sementara Kepala Lingkungan V, Sutriono mengaku, kegiatan ini menjadi ajang bermusahabah diri dan silaturahmi antar warga Lingkungan.

“Semangat tahun baru Muharam ini dijadikan ajang kita bermuhasabah diri menjalin silaturahmi kepada warga supaya lebih erat lebih rukun lebih guyub serta membekali diri kita dalam silaturahmi untuk menghadapi tantangan kemajuan zaman ini supaya kita tidak salah dalam mendidik anak-anak dan membekali anak-anak dalam era globalisasi ini”, disampaikan Sutriono pada wawancaranya.

Disamping itu Warga dari Lingkungan V yang juga mewakili panitia kegiatan, Mualim Khusnadi Ragil Imam mengucapakn terima kasih kepada jamaah yang sudah berhadir dalam kegiatan tausiyah menyambut 1 Muharram.

“Terima kasih kepada warga dan saya sebagai penyemangat pendobrak kegiatan lingkungan V mudah-mudahan harapan saya semakin lama semakin kompak dan semakin semangat sehat walafiat semua warga Lingkungan 5 Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai”, ucapnya pada wawancaranya kepada wartawan.

Beliau juga menyampaikan kedepannya akan ada kegiatan lomba-lomba dalam menyambut 17 Agustus dan juga persiapan Pawai Obor.

“Insyaallah kita akan sudah persiapkan kegiatan 17 Agustus kita sudah bentuk panitia kita sudah membuat proposal banyak kegiatan yang sudah kita siapkan dan Insyaallah lebih meriah lagi diawali dengan pawai 17 Agustus kemudian upacara bendera setelah pawai kemudian kita buat kegiatan-kegiatan menyambut 17 Agustus ada lomba tarik tambang Bapak Ibu remaja pemuda-pemudi dan anak-anak dan kegiatan-kegiatan perlombaan yang lain”. kata Mualim.

Kegiatan Tausyiah Turut juga dihadiri oleh kepala Lingkungan V, Masyarakat Lingkungan V, Serta Perwakilan Kelurahan Denai dan Tokoh Masyarakat Lingkungan V.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *