Nasional

Anggota DPR RI Djarot Hidayat Menghadiri HUT Perhimpunan Petani Organik Dairi

×

Anggota DPR RI Djarot Hidayat Menghadiri HUT Perhimpunan Petani Organik Dairi

Sebarkan artikel ini
Suasana acara HUT, Kamis (4/5/2023). (Foto : Rudi)
Suasana acara HUT, Kamis (4/5/2023). (Foto : Rudi)

Sidikalang, pelitaharian.id – Perhimpunan Petani Organik Dairi (PPODA) merayakan ulang tahunnya yang ke 18 tahun.

Sebagai organisasi petani terbesar di Kabupaten Dairi acara ulang tahun itu berlangsung meriah di Gedung Nasional Sidikalang, Kamis (4/5/2023).

Sedikitnya 2000 petani organik di Kabupaten Dairi tumpah di Gedung Nasional Sidikalang, Jalan Sisingamangaraja Sidikalang.

Ketua Umum PPODA, Parlindungan Tambunan berharap HUT PPODA dapat menumbuhkan solidaritas diantara anggota mewujudkan Pertanian Organik di Dairi sebagai upaya memajukan Petani Dairi.

Dia juga berharap pemerintah membantu memberikan dukungan untuk pengolahan pupuk organik seperti alat perajang.

“Kedepan juga maunya pemerintah menyediakan tempat khusu misalnya market atau pasar dari pada produk organik ini, saat ini pasarnya kita menjajakan door to door, maunya ada secara khusu tempat yang di sediakan pemerintah misalnya untuk produk-produk dari pada organik tersebut,” kata Parlindungan.

Dikatakan pertanian organik sulit berkembang di Kabupaten Dairi di karenakan pemasaran.

“Jadi kalau pun di buat lahan yang lebih luas petani takut kesulitan memasarkan, atau tidak ada pasar. Padahal kalau kita mengkonsumsi produk organik kita lebih sehat,” tuturnya.

Antoni Sihombing, Ketua pelaksana kegiatan berharap melalui HUT PPODA ke 18 ini PPODA semakin memberikan warna dan posisi tawar besar dalam mendorong kebijakan sektor pertanian khususnya pertanian organik atau pertanian selaras alam di Kabupaten Dairi.

“Kedepannya pertanian organik juga mampu menjadi salah satu jawaban dan solusi bagi petani kita dari kondisi saat ini ditengah kesulitan Petani saat ini mendapatkan pupuk akibat kelangkaan dan harga yang sangat mahal,” kata Antoni dalam laporannya.

Dikatakan sejumlah persoalan masih dihadapi petani seperti akses modal, kelangkaan pupuk dan regenerasi petani yang sangat lambat.

Menyebabkan produktifitas pertanian sangat rendah.

“Usia petani kita saat ini 60%, rata-rata diusia diatas 55 Tahun,” sebutnya.

Persoalan lain disebut adalah hilangnya percaya diri dari petani dimana semakin tergantung kepada pertanian yang instan pemakaian pupuk kimia, dan pestisida kimia yang berlebihan.

Djarot Djarot Saiful Hidayat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Komisi IV yang hadir di acara itu berharap Program Presiden Jokowi mewujudkan kedaulatan pangan bisa di mulai dari Kabupaten Dairi melalui pertanian organik.

Karena itu Dajrot berkomitmen meberikan upaya bantuan terkait tanaman organik di Kabupaten Dairi terutama yang di kelola PPODA.

“Saya dari komisi IV mendukung penuh semua program –program PPODA, karena sesuai program pak Jokowi mari kita kembali ke alam, kita lestarikan alam kita dan berangsur-angsur mengurangi pupuk kimia,” kata Djarot.

Djarot juga mendukung adanya peraturan daerah (Perda) perlindungan kepada petani, agar petani lebih bisa berdaya karena ada perlindungan dari pemerintah langsung.

“PPODA ini membangun kedaulatan petani, kemandirian dan kepribadian petani supaya betul betul mencintai alam lingkungannya dan bisa memberikan hasil pertanian yang berkwalitas,” sambung Djarot menjawab pertanyaan wartawan,

PPODA merupakan organisasi yang bergerak dalam pengembangan pertanian dan peternakan organik. Berdiri sejak 11 Maret 2005 lalu.

Saat ini ada 104 kelompok petani yang tergabung dalam PPODA dengan total anggota sebanyak 5.360 orang di 12 kecamatan dan 89 desa di Kabupaten Dairi.

Sebagai organisasi petani yang independen dan mandiri, PPODA dikenal aktif memperjuangkan hak-hak petani, keberlanjutan lingkungan dan demokrasi di Kabupaten Dairi.

Peran PPODA dalam mengawasi jalannya pemerintahan sangat berdampak terhadap peningkatan kualitas kebijakan pemerintah daerah yang transparan, akuntabel dan adil.

Prinsip itu yang menjadi referensi PPODA dalam membangun komunikasi dengan pihak eksektuif dan legislatif di Kabupaten Dairi.

Peringatan HUT 18 Tahun PPODA mengambil tema “Pertanian Organik, Wujudkan Kedaulatan Pangan dan Lingkungan”

Dan Sub Tema “Melalui perayaan Ulang Tahun PPODA, kiranya terjalin solidaritas petani untuk mewujudkan petani yang berdaulat dan mandiri”.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *