Headline

Warga Hamparan Perak Beri Julukan Bah Yung Kepada Darwis Harahap

×

Warga Hamparan Perak Beri Julukan Bah Yung Kepada Darwis Harahap

Sebarkan artikel ini
Foto: Darwis H Harahap saat Bersilaturahmi ke Karang Taruna Kecamatan Hamparan Perak, Jumat (08/09/2023). (pelitaharian.id/Zultaufik Nst).

Deli Serdang, kedannews.com – Atas Nama Masyarakat Kepala Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang Muhammad Helmi dengan penuh keikhlasan menyematkan panggilan akrab mereka ke Darwis H Harahap SP dengan panggilan “Bah Yung”

“Panggilan Yung (Sulung) merupakan istilah panggilan kepada saudara tertua dalam silsilah keluarga Suku Melayu, karena bang Darwis kami anggap saudara tertua kami maka ijinkan kami memanggil bang darwis dengan Bah Yung’ Ujar Muhammad Helmi dihadapan masyarakatnya yang hadir di acara silaturahmi dikediaman Ketua Karang Taruna Kecamatan Hamparan Perak Sulaiman, Jumat, (08/09/2023).

Silaturahmi yang dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Se Kecamatan Hamparan ini memperkenalkan sosok Darwis H Harahap SP Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumatera ini yang akan ikut kontestasi Pemilu Tahun 2024 dengan maju sebagai anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara.

Darwis dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa niat bersilaturahmi sudah sejak lama di niatkan, namun karena masing masing penuh dengan kesibukan maka niat tersebut baru hari ini bisa dilaksanakan.

“Akhirnya niat silaturahmi yang sudah lama kami ikhtiar kan ini bisa terlaksana Kami ucapkan terimakasih kepada warga Hamparan Perak yang telah menerima dan menyambut kami dengan tangan dah hati yang terbuka’, ujar Darwis

Darwis juga menyampaikan rasa harunya, karena sudah dianggap sebagai saudara dekat oleh masyarakat hamparan Perak dengan disematkan Panggilan Bah Yung yang berarti anak sulung yang hadir di sebuah keluarga melayu.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Hamparan Perak Sulaiman ,selaku tuan rumah menyambut baik kehadiran Darwis bersama Tim di kediamannya, dirinya bersama keluarga besar Karang Taruna Hamparan Perak sangat mengapresiasi niat Darwis untuk maju menjadi Anggota DPD RI.

“Kami bangga kalau Bah Yung bisa menggapai niatnya Mewakili Masyarakat Sumatera Utara Sebagai Senator kami di Gedung Senayan, masyarakat Sumut khususnya warga Karang Taruna akan dapat menyampaikan aspirasi nya melalui Bah Yung, apalagi bila aspirasi kita nanti dapat langsung ditampung dan segera direalisasikan” Tegas Leman.

Untuk mencapai hal Sulaiman berharap Darwis yang selalu konsen memberikan motivasi bagi warga Karang Taruna untuk menjadi Enterpreneur ini di dukung sepenuhnya oleh warga Karang Taruna Di Sumatera Utara terkhusus Deli Serdang yang di Kepengurusan Karang Taruna Deli Serdang jabatannya sebagai Bendahara.

Ziarah Ke makam Guru Patimpus

Selesai bersilaturahmi, ditemani Sulaiman dan tokoh masyarakat Hamparan Perak, Darwis juga berkesempatan menziarahi makam para leluhur pendiri kuta hamparan Perak yang merupakan ibukota terakhir dari Sepuluh Dua (XII) Kuta, sebuah kampung yang di rintis Guru Patimpus yang pertama kali ber-Ibukota di Medan.

Di mesjid AL Hafizd ini terdapat makam, Datuk XII Kuta dan ada juga makam makam leluhur lainnya. dari Tempat ini Darwis dan Tim berkesempatan untuk menziarahi Makam Pendiri Kota Medan Guru Partimpus yang berlokasi di Desa lama Kecamatan Hamparan Perak.

Menurut sejarah Guru Patimpus bermarga Sembiring Pelawi yang lahir di Aji Jahe Tanah Karo sekitar Tahun 1540 dan meninggal Dunia pada 1 Juli tahun 1590.

Lokasi ini pertama kali di pugar Oleh Warga Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara dalam Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) pada tahun 2017 .

Terpantau Makam Pendiri Kota Medan ini. masih minim Akses jalan menuju lokasi ini masih harus melintasi perkebunan warga masyarakat di sana.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *