Ragam

Masyarakat Sumut Diimbau Waspada Potensi Banjir Dampak Hujan Lebat

×

Masyarakat Sumut Diimbau Waspada Potensi Banjir Dampak Hujan Lebat

Sebarkan artikel ini
Logo BMKG. (pelitaharian.id/istimewa)
Logo BMKG. (pelitaharian.id/istimewa)

Medan, pelitaharian.idBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah Lereng Timur, pegunungan, Lereng Barat, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor,” kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan, Sabtu (2/12/2023).

Secara umum, kata dia, cuaca di Sumut dalam dua hari kedepan pada pagi hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Batubara, Serdang Bedagai, Asahan, dan sekitarnya.

Sementara pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah provinsi itu. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Medan, Binjai, Karo, Deli Serdang, Simalungun, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, Kepulauan Nias, Labuhanbatu, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Pada malam hari, lanjutnya, juga potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Padang Lawas, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 17–32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60–98 persen dan angin berhembus dari timur laut ke tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *